shadow

KEGIATAN PPIP BUKAN AKHIR DARI PEMBANGUNAN DESA

Pelaksanaan PPIP pada tahun 2015 merupakan kelanjutan PPIP tahun lalu, sesuai dengan SK Menteri PU No.386/KPTS/M/2014 tanggal 21 Juli 2014 tentang penetapan desa sasaran PPIP TA 2014 (Diktum 2 dan 3) yakni proses pencairan dana yang dibiayai melalui APBN TA 2015 sebesar Rp. 150 Juta dan SE Direktur Bangkim No.PR.02.03-CK/859 tentang mekanisme pencairan dana BLM PPIP TA 2014 dan 2015.
Kepala Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Permukiman Provinsi Sumbar, Suprapto dalam sambutannya mengatakan bahwa terkait dengan keterbatasan kemampuan keuangan Pemerintah Daerah dalam penyediaan infrastruktur dasar di perdesaan menjadikan program pembangunan pemberdayaan (PNPM Mandiri) sebagai salah satu solusi untuk pembangunan di perdesaan. PPIP merupakan program yang mendukung pelaksanaan PNPM Mandiri dalam upaya pengentasan kemiskinan melalui pembangunan infrastruktur dasar di perdesaan dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat.
Pada kesempatan ini Suprapto mengharapkan kepada fasilitator PPIP supaya memberikan informasi dan pengetahuan dalam hal teknis dan yang tidak kalah penting mengubah cara pandang masyarakat desa dengan pendekatan-pendekatan terkait upaya pemeliharaan dan kelanjutan pembangunan infrastruktur yang dibangun dengan dana PPIP. “Dana PPIP pada tiap desa terbatas dan tidak akan mampu mengakomodir kebutuhan pembangunan di desa tersebut, oleh karena itu diharapkan masyarakat secara swadaya dapat melanjutkan pembangunan, fasilitator dan Pemerintah Daerah mesti memberikan pencerahan pada masyarakat terkait hal tersebut," tutur Suprapto.
Sementara itu Kasatker PKPPB Provinsi Sumatera Barat, Yolly D Asrar menuturkan rapat koordinasi ini bertujuan untuk melakukan evaluasi kegiatan PPIP tahun 2014 dan dalam rangka melanjutkan kegiatan PPIP TA 2015 dibutuhkan persamaan persepsi antara Satker Provinsi dan Satker PIP Kabupaten agar program PPIP TA 2015 dapat terlaksana sesuai jadwal. "Kegiatan PPIP pada tahun 2014 menyasar pada 177 desa pada 12 kabupaten di Provinsi Sumatera Barat dengan total dana Rp. 17.7 Miliar dimana pada masing-masing desa mendapatkan dana Rp.100 Juta dan pada TA 2015 ini sebesar Rp.150 Juta dengan desa yang sama pada tahun 2014," ungkap Yolly.
Pada rapat koordinasi ini dihadiri oleh Direktorat Bangkim, Kasatker Randal PIP, Kasatker PAMS Provinsi Sumbar, Kasatker beserta PPK Satker PIP Kabupaten, TAMPr, dan fasilitator PPIP Provinsi Sumbar. (rjp/randalsumbar/ari)
Inggris
Slovakia
Skotlandia
Slovenia
Lithuania
Malta

Grup G
Spanyol
Italia
Albania
Israel
Makedonia
Liechtenstein

Grup H

Belgia
Bosnia dan Herzegovina
Yunani
Estonia
Siprus

Grup I
Kroasia
Islandia
Ukraina
Turki
Finlandia


Berita Terkait

Tidak Ada Berita Terkait